;

Rumah 'Mobile', Efektif Hindari Banjir

DENMARK - Seorang seniman asal Denmark bekerja sama dengan ilmuwan Amerika berupaya untuk membuat sebuah rumah bergerak, dengan bantuan enam buah hidrolik yang berfungsi sebagai kaki.

Dilansir melalui Daily Telegraph, Selasa (28/10/2008), seniman dan para ilmuwan tersebut ingin membuat sebuah rumah yang efektif untuk menghindari banjir ataupun menghindari lingkungan yang tidak diinginkan.

Rumah setinggi 10 kaki itu dilengkapi dengan pembangkit energi bertenaga matahari dan angin. Daya tersebut dapat dihasilkan sepanjang perjalanan mereka berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan lain. Selain itu, layaknya sebuah rumah, 'mobile house' ini juga dilengkapi dengan ruang tamu, dapur, toilet, ruang tidur, perapian dan sebuah ruang komputer yang akan menjadi pusat pengendali kaki hidrolik sang rumah.


Rumah ini merupakan proyek uji coba yang dilakukan oleh sebuah perusahaan seni bernama N55, yang berlokasi di Copenhagen, Denmark, dan bekerja sama dengan para teknisi di MIT, Massachusetts.

Oivind Slaatto, seniman asal N55 mengatakan bahwa ide ini diinspirasi dari para pelawat asal Roma yang ia temui di Cambridgeshire. Bahkan Slaatto berencana untuk tinggal di rumah bergerak tersebut, sekembalinya ia ke Copenhagen.

"Rumah ini tidak hanya efektif untuk para pengembara tapi juga untuk siapa saja yang ingin hidup nomaden dengan cara yang mudah," ujar Slaatto yang juga mengungkapkan bahwa rumah buatannya dapat berjalan di atas air, cukup efektif untuk menghindari banjir.

Prototipe rumah bergerak ini menghabiskan dana sekira 30.000 pundsterling, termasuk biaya untuk pengadaan material di dalamnya.

Comments :

0 komentar to “Rumah 'Mobile', Efektif Hindari Banjir”